Sabtu, 16 Juli 2011

Tahukah Anda Akibat Marah?

Mungkin kompasioner sering melihat seseorang yang wajahnya selalu murung, ataupun tegang. Bagaimana raut wajahnya, pasti akan terlihat lebih jelek bukan?? apalagi kalau marah. Walaupun sebelumnya dia cantik, ataupun ganteng akan terlihat serem….. hiiiiiii takut..

Kenapa bisa seperti itu ya??? saya sendiri juga tidak tahu, namun dari beberapa referensi yang saya dapat, ketika seseorang lagi marah, ada ratusan urat saraf yang tertarik pada saat itu, sehingga wajahnya menjadi tegang.

Perlu diketahui juga pada saat seseorang sedang marah, bukan hanya urat pada bagian wajahnya saja yang tertarik, namun beberapa urat dibagian tubuh juga mengalami hal serupa. Maka tidak heran jika ketika seseorang sedang marah akan mengalami pusing kepala, gelisah dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, dampak marah juga bisa fatal. Tahukah kita peperangan yang terjadi, ibu-ibu menjadi janda, anak-anak menjadi yatim, dan banyak orang yang mengalami kelaparan, itu juga akibat dari marah.

Berbeda halnya dengan orang yang selalu menebar senyum, wajahnya berseri-seri, dan orang yang melihatnyapun akan senang. Apalagi jika senyum yang diberikan tersebut tulus dari hati yang paling dalam. Kitapun akan merasakan kedamaian tersendiri.

Lalu bagaimana mengatasi amarah?? sangat gampang sih sebenarnya?? kita lihat dulu apa persoalannya?? kalau anda sedang marah kepada seseorang karena mendapat perlakukan yang kurang menyenangkan, maka maafkan saja dia. Kalau belum sempat bertemu bisa saja melalui SMS, kalau belum ada no telponnya, ya lupakan saja.

Yakin ketika kita sudah bisa melakukan itu, hati dan perasaan kita akan lebih nyaman, karena tidak ada beban di hati. Gak akan hina kok kita memberi maaf terlebih dulu kepada orang yang bersalah kepada kita. Justru itulah yang dianjurkan oleh agama. Begitupun jika anda yang bersalah, usahakan untuk meminta maaf, maka masalahpun akan selesai. Orang yang meminta maaf karena menyadari kesalahannya juga tidak akan jatuh harga dirinya, justru Allah akan mengangkat derajatnya lebih tinggi.

Oke kompasioner, mulai saat ini jangan pernah menebarkan kebencian ataupun amarah dalam diri kita. Tahukan anda, sesungguhnya kebencian yang kita simpan di dalam hati hanya akan merusak diri kita sendiri. Sama halnya dengan wadah tempat menyimpan asam, akan lebih rusak ketimbang wadah tempat dia dituang.

Mari kita tebarkan senyum kepada orang lain, sebab dengan kita bersenyum itu sudah merupakan ibadah. Dan tahukah kita, jika kita saling memberikan senyum kepada orang lain, maka dunia ini akan terasa indah. Keluarga besar kompasiana, jika kita bisa berdamai dengan senyuman, mengapa kita harus menebar kebencian.



http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/07/16/tahukah-anda-akibat-marah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar