Sabtu, 24 Juli 2010

Pemkab Jayapura Absensi Pegawai Lewat Radio

Liputan 6 - Sabtu, 24 Juli
Liputan6.com, Sentani: Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, memberlakukan absensi bagi Pegawai Negeri Sipil atau PNS yang bertugas di tingkat distrik, kelurahan, dan kampung melalui radio PTT (push to talk). "Kami terus menjalankan absensi baik bagi pegawai yang ada di kantor bupati maupun di distrik dan kampung melalui alat komunikasi radio," kata Asisten III Sekda Kabupaten Jayapura Buce D Batkorumbawa di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (24/7).
Buce menambahkan, setiap hari kerja, absensi dijalankan selama empat kali bagi pegawai yang ada di kantor bupati. Pertama, dilakukan sebelum apel pagi pada pukul 07.30 WIT, absen kedua pukul 11.00 WIT, ketiga pukul 13.00 WIT, dan absensi keempat pukul 13.00 WIT sebelum apel siang dengan menggunakan absen digital.
Begitupula bagi pegawai di tingkat distrik, kampung, serta kelurahan. Mereka diabsen lewat radio PTT pada jam yang sama dan dilaporkan kepala distrik berapa stafnya yang hadir, sakit, izin dan tanpa keterangan. Dengan memberlakukan absensi seperti itu, semua pegawai lingkungan Pemkab Jayapura bisa terpantau aktivitasnya dan bisa ketahuan yang malas serta suka alpa.
Menurut Buce, pemberlakukan apel pagi, siang, serta absensi bukan semata-mata untuk mengecek kehadiran pegawai. Namun, tolak ukur dalam memberikan kredit poin kepada seluruh pegawai sampai di tingkat distrik. "Bagi pegawai yang malas, akan diberikan sanksi berupa penundaan pemberian gaji dan tunjangan lainnya. Dan itu sudah diingatkan setiap hari," ucap Buce.
Karena, ujar Buce, PNS diangkat dan digaji negara sebagai kepanjangan tangan pemerintah di daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dimanapun berada. Untuk itu, pihaknya memberlakukan absensi cukup ketat untuk meningkatkan displin pegawai dalam menjalankan tugas.
Sekadar informasi, Kabupaten Jayapura terdiri atas 19 distrik 193 kampung dan lima kelurahan. Sebelah timur berbatasan dengan Kota Jayapura, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Keerom, dan sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sarmi.(BOG/Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar